Selasa, 16 Agustus 2011

Mancing itu Happy,.Bsa Obat Stress,.Sumpek n BT,.

Jawabannya ialah iya. Stress adalah salah satu penyakit yang menyerang pikiran, syaraf – syaraf tubuh menjadi tegang dan penat karena beban pikiran yang jenuh dan berakhir pada kelelahan pikiran..betul? banyak orang stress meluangkan waktunya dengan berbagai macam hobby yang menyenangkan, jalan – jalan, rekreasi, olahraga , shopping dan lain lain yang intinya mengobati kelelahan pikiran dengan kegembiraan yang sesuai dengan keinginannya Hobby mancing adalah salah satunya.. moga – moga thesis filsafat saya benar.
mancing ikan

Nah mancing sendiri adalah salah satu hobby yang mengasikkan , mancing melatih pikiran untuk focus, hobby ini bisa mengajarkan orang untuk bersabar dan bersabar. Meski kalau sepintas dilihat cuma diam dan menunggu ( banyak orang bilang ini adalah pekerjaan yang membuang waktu ) tapi..untuk bisa mendapatkan ikan juga dibutuhkan konsentrasi lho…sedikit anda hilang konsentrasi pada pelampung yang bergerak, kemungkinan pakan yang ada di mata kail hilang.

Kesabaran pemancing pun kadang juga bisa dilihat saat ia menarik joran yang sudah di tarik ikan. Teknik yang bagus akan memberikan hasil ikan dapat diangkat..kalau anda terburu- buru menarik senarnya mungkin saja ikannya malah lolos apalagi kalau ikannya yang besar. Ternyata orang memancing masih butuh pengetahuan juga ya..? lha iya dong…butuh kejelian juga lho

Banyak pemancing bilang bahwa kadang – kadang setelah mereka memancing seharian, mereka pulang ke rumah tanpa hasil apa – apa. Ikan kecil pun tidak..tetapi masih bisa tersenyum..padahal kalau diitung -itung biaya untuk beli pakan, pancing, biaya perjalanan kalau dibelikan ikan di pasar udah bisa buat makan sekeluarga..

Namanya juga hobby…kata orang bijak, hobby itu tak kenal harga…yang namanya kesenangan itu tak bisa dinilai dengan uang…asal stress ilang, perasaan plong tubuh bugar… selesai tak habis pikir mau habis berapa duit…bukan begitu teman?




PERALATAN PANCING =


kail
[Image: kail.png]

Kail Merupakan Salah Satu alat utama dalam memancing. Kail modern umumnya terbuat dari bahan baja tahan karat untuk standard minimal namun ada juga yang terbuat dari karbon yang anti karat dan tentu saja memiliki kekuatan jauh lebih baik di bandingkan kail baja.

Bentuk – bentuk kail yang ada sekarang merupakan pengembangan dan penyempurnaan yang dibuat oleh pabrikan kail.bahkan beberapa produsen kail terbaik seperti Amerika serikat, Jepang dan Inggris membuatnya dengan melapisi permukaan kail dengan teflon.

Kail secara umum terbagi atas beberapa bagian :

- eye yaitu lubang mata pancing untuk mengikat senar.

- Shank yaitu tangkai kail yang bentuknya lurus, disebut juga badan kail

- Point yaitu ujung pancing yang berbentuk runcing

- Barb atau bagian runcing terbalik dengan point berguna sebagai pengait

- Gap atau jarak antara ujung pancing ( point ) dengan Shank alias batang nya.

Untuk barb atau kait, merupakan bentuk kail yang memang diperuntukkan untuk memancing air tawar. Sedang untuk memancing air laut terutama untuk memancing ikan cakalang dan tuna dibutuhkan kail tanpa barb. Model terbaru dari beberapa merk terkenal seperti Owner, Gamakatsu, Mustad, Falcon adalah bentuk huruf G bukan J. untuk selera silahkan coba kedua macam bentuk diatas. Biasanya penggunaan kail disesuaikan dengan target sasaran dan juga pengalaman pemancing sendiri.

Metode penomoran mata kail didasarkan pada lebar mata pancing dan diameter batang pancing. Semakin kecil ukuran pancing semakin besar penomorannya. Ukuran 0 atau 1 adalah ukuran terbesar kail.




Joran
[Image: joran.jpg]

Joran dalam kegiatan memancing memiliki kegunaan khusus , yang utama adalah memudahkan pemacing untuk melempar mata pancing jauh ke perairan. Dengan penggunaan joran daerah sasaran pemancingan akan lebih luas. Joran juga akan mempermudah pemancing pada saat ia “Fight “ atau mengendalikan ikan yang sudah terkena mata pancingnya. Penggunaan joran meskipun tidak mutlak tetapi akan mempermudah proses pemancingan itu sendiri.

Joran jaman dahulu pertama kalinya dibuat di eropa sekitar 200 tahun yang lalu, dan kebanyakan di ekspor ke Amerika. Jenis joran tersebut masih cukup kaku dan bahan yang digunakan untuk membuat jorannya adalah kayu Hickory yang terkenal karena kekerasannya, dan sekarang banyak dikenal sebagai joran untuk Trolling.

Periode Joran Kayu


Pada perkembangannya joran yang cukup kaku ini kurang diminati oleh berbagai kalangan menginngat jenis tersebut kurang pas kalau di pakai untuk memancing di perairan tawar, maka dicarilah bahan pengganti yang lebih lentur yaitu Bambu, diambil dari kebudayaan orang Cina, dimana orang Cina juga suka memancing, dan mereka menggunakan bambu sebagai bahan jorannya. Dari ratusan jenis bambu yang mereka teliti jenis yang terbaik untuk dijadikan sebagai joran adalah Tonkin Cane atau buluh tonkin, memang bentuknya seperti buluh, bambu ini bentuknya kecil seperti joran dan semakin mengecil pada bagian ujung buluhnya secara alami. Dan mereka sudah memakainya dari jaman nenek moyangnya dahulu.

Periode Joran Bambu

Dan orang Eropa serta Amerika meneliti kekuatan dari bambu itu, mereka menemukan kekuatan bambu yang lentur tentu saja jauh lebih baik dibandingkan dengan bahan kayu yang selama ini mereka pakai, tetapi mereka juga menemukan kelemahan dari bahan bambu ini dimana karena ada lubang di dalamnya akan mengurangi kekerasan dari jorannya. Maka dibuatlah joran dengan bahan bambu yang sudah mereka ganti strukturnya. Bahan bambu mereka belah menjadi beberapa bagian, ada yang 4 belahan ( quadrate ) ada yang 5 belahan ( Pentagonal ), 6 belahan ( hexagonal ),dan 8 belahan ( octagonal ). Belahan – belahan ini disatukan dengan lem dan dibuat runcing pada ujungnya seperti halnya joran – joran yang lain. Dan penggunaan joran bambu semakin berkembang masa itu.

Periode Joran Masa kini

Setelah berpuluh tahun lamanya joran bambu berkembang, diketemukanlah bahan – bahan yang memiliki kekuatan lebih baik serta kelenturan yang memenuhi syarat untuk sebuah joran. Fiberglass merupakan penemuan yang sangat membantu para pemancing. Merupakan serat yang dihasilkan dari oksidasi alkali sehingga menghasilkan strand, bahan serat yang keras, namun lentur dan tidak mudah patah. Dan sekarang banyak joran modern juga menggunakan bahan lain yang sangat kuat dan juga lentur yakni titanium, yang terkenal sebagai logam paling keras dan juga serat karbon yang dijadikan bahan pesawat luar angkasa. Penggunaan logam yang keras ini tentu saja menggunakan metode khusus seperti pembuatannya yang dibentuk seperti antena untuk menghasilkan efek lentur. Tentu saja kemajuan teknologi akan membuat hoby memancing menjadi lebih maju. Dan pola penangkapan ikan juga semakin modern. Semoga kemajuan ini juga dibarengi dengan perlindungan alam yang gencar juga sehingga ikan yang akan dipancing tidak sampai punah karena polusi dan penangkapan ikan yang tidak bertanggung jawab


senar pancing
[Image: senar150x150.jpg]

Senar atau kenur dalam bahasa Inggris disebut line adalah peralatan wajib pemancing. Pemilihan senar yang baik sesuai dengan target sasaran akan memperoleh hasil pancingan yang sangat memuaskan. Kekuatan senar yang tepat dapat membantu pemancing untuk beradu kuat dengan ikan.
senar pancing

Senar modern dibuat dari bahan sintetis yang di sebut polyamide atau serat nilon. Secara bentuk, senar pancing terbagi dalam 3 bentuk yakni :

- Monofilamen ( tunggal )
Bahan dasar dari Monofilament (atau Mono, untuk singkatnya) disebut dengan extruded nylon. Mono adalah jenis kenur yang paling banyak di pakai oleh para pemancing, apapun teknik yang mereka pergunakan.

- Fluorocarbon
Satu kelebihan kenur Fluoro ini adalah index biasnya yang mendekati index bias air. Index bias air adalah 1.3, sedangkan index bias fluoro adalah 1.42. Apa artinya ini? Ini berarti kenur nyaris tidak terlihat saat berada didalam air.

- Multifilamen ( Ganda )

- Multifilamen dengan inti. Merupakan jenis senar dengan kekuatan paling baik dimana terdapat beberapa serabut inti di dalam senar.

Jenis senar yang banyak beredar di pasaran Indonesia adalah yang jenis monofilament. Selain harganya cukup terjangkau kualitasnya tak kalah dengan multifilament. Senar multi filament dikenal dan banyak dipakai para pemancing di luar negri. Cirinya yang kelihatan yakni senar multifilament tidak akan mudah kusut atau keriting jika ditarik – tarik atau di gulung.

Untuk mengetahui kelas senar anda sebaiknya anda mempelajari kekuatan dari senar anda yang ditulis atau diterakan di bungkusnya. Ukuran disana biasanya dituliskan dalam symbol kgf atau lbs ( 1 lbs=0,450kg ) artinya kekuatan senar tersebut akan mampu menahan beban sampai berapa kgf atau berapa lbs tarikan sebelum putus.

Berdasarkan pengalaman ukuran yang tertera dalam label senar atau kenur bukan berarti berdasarkan kelas atau bobot ikan. Ikan dengan bobot 10 kg pun bisa ditangkap dengan senar kelas 4 – 6 kg atau kelas 8 – 14 lbs. Karena ukurannya adalah tarikan ikan bukan bobotnya. Dibutuhkan kepandaian dan kecerdikan pemancing untuk memperoleh ikan dengan bobot yang lebih besar.

Reel

[Image: db51.jpg]

1. Spinning Reel mudah digunakan untuk piranti kelas ringan dan kelas menengah. Kelebihannya adalah bisa dengan cepat menggulung kenur, jarang terjadi trouble dengan kenur seperti "lash-back", cukup mudah casting jauh meski lurenya ringan.
Kekurangannya adalah kalau kenur tidak kuat/kencang akan mudah "dobol" alias kenur keluar dari spool semau-maunya sendiri, resiko ruwet besar, tidak terlalu mampu menahan beban berat

2. Bait-casting Reel Digunakan untuk melempar umpan pada jarak tertentu. Kelebihannya adalah lebih kuat saat kita menggulung benang / fight dengan ikan, kenur tidak mudah melintir. Intinya, reel ini kuat dalam hal menahan beban.
Kekurangannya adalah reel ini menggulung kenur dengan lebih lambat dibanding dengan spinning reel, kalau lurenya ringan agak sulit casting jarak jauh, ada resiko "lash-back" alias, kenur menggulung terbalik di spoolnya.

3. Spin-casting Reel. Penggulung ini sangat nyaman dan mudah digunakan dan paling banyak diminati oleh anak-anak untuk tahap awal belajar memancing ikan.

4. Conventional Reel adalah penggulung yang dibuat pada awal sejarah dunia mancing. Tetapi hingga kini tetap digunakan serta sudah lebih disempurnakan dalam hal unjuk kerjanya untuk dunia mancing modern.

5. Fly-fishing Reel umumnya digunakan oleh pemancing air tawar untuk memancing ikan Salmon, trout, dll. Tetapi dapat juga digunakan untuk memancing ikan layaran ataupun ikan laut lainnya.
Kami berharap informasi diatas dapat membantu anda memilih piranti yang dibutuhkan. Sebelum membeli, adalah bijaksana untuk bertanya pada pemancing yang lebih senior mengenai merek dan unjuk kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar